Definisi Gerinda Tangan

gerinda tangan

Mesin gerinda tangan yaitu mesin yang dipakai untuk meratakan atau memotong benda kerja. Cara kerjanya mengaplikasikan cara putaran. Pada biasanya sumber energinya mengaplikasikan arus listrik, tapi ada juga yang mengaplikasikan energi angin (kompressor). Mesin ini banyak dipakai di bidang perkayuan, pertukangan dan proyek industri. Tetapi ada beberapa orang yang memodifikasinya dan membuahkan perlengkapan baru. Umpamanya mixer adonan, gergaji listrik, dan lain sebagainya. Berikut yaitu komponen-komponen pada mesin gerinda tangan.

1. Armature
Yaitu komponen berputar yang terbuat dari lilitan-lilitan tembaga berbentuk rapih. Inti dari komponen ini yaitu sebuah poros/as terbuat dari besi. Pada salah satu ujungnya terdapat baling-baling yang berfungsi sebagai pendingin dan penyeimbang putaran. Dan disalah satu ujung lainnya terdapat kolektor yang berfungsi sebagai daerah friksi dengan carbon brash.

2. Stator
Komponen membisu atau tak bergerak yang fungsinya untuk menggerakan armature. Rangkanya berbentuk lingkaran memanjang berbentuk tabung terwujud dari lilian-lilitan tembaga. Pada ujung lilitannya terdapat 2 jalanan kabel yang berfungsi untuk mengaitkan ke rumah carbon brush dan kabel yang lainnya sebagai penghubung ke sumber listrik.

3. Carbon Brush
Karbon padat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Pada ujungnya terdapat pir yang berfungsi untuk menetapkan senantiasa melekat pada kolektor. Jenisnya amat pelbagai, dari yang berukuran kecil hingga besar tergantung dari seberapa besar mesin gerinda. Formatnya rata-rata kotak memanjang dan berwarna hitam pekat.

4. Helicar GearĀ 
Yaitu sepasang gear atau roda gigi yang saling mengait satu sama lain. Format ujungnya tirus sehingga seandainya dipadukan menjadikan gerakan putaran yang berbentuk siku. Format dari gigi-giginya ada yang lurus dan ada juga yang miring. Lazimnya tiap-tiap merek dan type mesin gerinda wujudnya berbeda-beda.

5. Mata Gerinda
Berbentuk seperti piringan pipih dan pelbagai sekali jenisnya. Dan kita semestinya mengerti penggunaanya, misalkan kita akan memotong keramik karenanya gunakanlah mata gerinda potong keramik. Jangan menerapkan mata gerinda asal-asalan sebab dapat berdampak fatal. Dan pastikan pada ketika memasang mata gerinda, lubangnya semestinya pas di tengah dan pastikan sudah sudah terjepit oleh flange dengan kuat.

 

Baca Juga : Harga Bor Bosch